-->

Aspek Geografi dan Penjelasannya Lengkap

Ruburug.com - Ilmu geografi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan yang mengulas tentang fenomena-fenomena biosfer dan gejala-gelaja alam yang terjadi di permukaan bumi yang erat kaitannya dengan kehidupan dan kegiatan manusia. Tak heran jikalau ilmu geografi ini selalu dibahas dan dipelajari dari semua jenjang pendidikan baik itu sekolah dasar hingga perguruan tinggi karena cabang ilmu pengetahuan geografi ini mempunyai cakupan yang sangat luas serta mencakup banyak ruang ilmu geografi dan disiplin ilmu yang ada.
aspek geografi dan penjelasannya

Keterkaitan antara ilmu geografi dengan disiplin ilmu lain ini bisa mencakup banyak aspek geografi dan ruang lingkup. Aspek geogafi yang terdapat di dalam ilmu geografi ini dapat dibedakan menjadi dua aspek yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Kedua aspek geografi tersebut adalah aspek yang paling utama dan sangat berpengaruh untuk mengkaji fenomena-fenomena serta gejala-gejal yang berhubungan dengan kehidupan serta kegiatan manusia di muka bumi. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah pembahasan mengenai aspek geografi lengkap dengan jenis-jenis tiap aspek serta penjelasanya.

Aspek geografi 


Aspek utama dan terpenting dalam cabang ilmu geografi terdiri dari dua aspek yaitu aspek fisik dan aspek sosial. Aspek fisik terdiri dari aspek topografi, aspek biotik dan aspek non-biotik sedangkan aspek sosial terdiri dari empat aspek yaitu aspek sosial, aspek ekonomi, aspek politik dan aspek budaya. Kedua aspek tersebut tentunya sangat berkaitan erat dalam ilmu geografi. Berikut adalah penjelasan mengenai aspek goegrafi dan jenis-jenis setiap aspeknya:

1. Aspek Fisik 


 Aspek yang pertama mengenai ilmu geografi ini adalah aspek fisik. Aspek fisik ini mengkaji tentang segala fenomena- fenomena biosfer serta gejala-gejala yang dapat mempengaruhi keberlangsungan kehidupan manusia di muka bumi. Jenis aspek yang terkandung didalam aspek fisik ini semuanya dapat diamati, aspek tersebut meliputi aspek kimiawi, aspek biologi serta aspek astronomis. Berikut adalah ulasan da penjelasan mengenai macam-macam aspek yang terkandung didalam aspek fisik:

  •  Aspek topografi 


Aspek topografi ini mengkaji tentang keadaan geografi fisik yang berhubungan dengan letak atau lokasi suatu wilayah dipermukaan bumi. Aspek ini secara umum mengulas tentang semua hal yang berkaitan dengan letak atau lokasi suatu wilayah atau Negara seperti bentuk muka bumi, luas area wilayah atau Negara tersebut serta batas-batas yang terdapat diwilayah atau Negara tersebut yang mempunyai ciri khas tersendiri.

  • Aspek biotik


Jenis aspek yang kedua yang terdapat di dalam aspek fisik ini adalah aspek biotik yaitu aspek yang mengkaji tentang segala sesuatu yang berkaitan langsung dengan makluk hidup. Secara umum aspek biotik ini mengulas berbagai unsur yang berkaitan dengan makluk hidup sepeti misalnya tumbuhan (flora), hewan (fauna), serta kajian penduduk atau manusia itu sendiri.

  • Aspek non biotik


Aspek yang terakhir yang berkaitan dengan aspek fisik adalah aspek non-biotik. Aspek ini secara umum mengkaji tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan tanah dan air di suatu wilayah atau Negara. Aspek ini membahas mengenai hal-hal yang berhubungan dengan kondisi tanah, hidrologi baik itu perairan darat maupun laut, tak lupa juga untuk mengulas mengenai kondisi iklim yang terjadi di suatu wilyah atau Negara.

2. Aspek sosial


Aspek ilmu geografi yang kedua adalah aspek sosial atau non fisik. Aspek sosial ini mengkaji tentang segala fenomena-fenomena biosfer dan gejala-gejala yang terjadi dimuka bumi yang berkaitan dengan semua kegiatan manusia. Aspek sosial ini bertujuan untuk mengetahui keterkaitan atau hubungan antara manusia dengan lingkungan hidupnya.

Di dalam aspek sosial ini mengandung empat aspek penting didalamnya yaitu aspek soaial, aspek ekonomi, aspek politik serta aspek budaya. Berikut adalah penjelasan mengenai macam-macama aspek sosial lengkap dengan penjelasannya:

  • Aspek sosial


Aspek ini membahas tentang semua hal yang berkaitan langsung dengan unsur-unsur sosial. Secara umum aspek ini mengkaji tentang unsur tadisi, adat istiadat yang terdapat di dalam suatu wilayah, komunitas, kelompok masyarakat serta lembaga-lembaga sosial pada suatu wilayah atau Negara.

  • Aspek ekonomi


Aspek ekonomi ini mengkaji tentang segala hal-hal yang berkaitan dengan unsur-unsur ekonomi. Seperti misalnya pertanian, perkebunan, pertambangan, perikanan, insdustri, perdagangan, serta transportasi dan pasar yang terdapat di dalam suatu wilayah atau Negara.

  • Aspek budaya


Aspek geografi budaya ini merupakan aspek geografi yang berkaitan dengan unsur sosial budaya yang ada didalam suatu wilayah atau Negara. Aspek budaya ini secara umum membahas mengenai hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, agama, bahasa, kesenian serta berbagai ragam suku budaya lainnya yang terdapat diwilayah atau Negara lain.

  • Aspek politik


Aspek politik ini merupakan aspek sosial yang mengkaji tentang hal-hal yang berkaitan dengan unsur politik yang terdapat di dalam suatu wilayah atau Negara. Aspek politik ini berkenaan dengan segala unsur yang mencakup sistem pemerintahan yang terjadi didalam kehidupan masyarakat di suatu wilayah atau Negara.

Demikianlah ulasan dan pembahasan mengenai aspek geografi serta penjelasan dan contoh yang terdapat di dalam cabang ilmu geografi yang harus kamu ketahui dan pahami. Secara umum ilmu geografi mempunyai aspek yang paling utama yaitu aspek fisik dan aspek sosial yang di dalam kedua aspek tersebut mempunyai jenis dan macamnya yang beragam.

Aspek geografi ini dapat dijadikan sebagai klasifikasi aspek geografi berdasarkan objek geografi yang di amati. Sekian referensi dari yang bisa kami sajikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat sekaligus membantu menambah wawasanmu. Salam.
BukaTutupKomentar