-->

5 Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Dengan Bahan Alami

cara mengatasi haid tidak teratur

Cara mengatasi haid tidak teratur dengan bahan alami, menjadi satu informasi yang banyak dicari oleh seorang wanita. Setiap wanita tentu saja akan mengalami siklus haid di setiap bulan sekali. Siklus haid itu sendiri memang berbeda – beda, tergantung dari kondisi masing – masing orang. Umumnya siklus haid yang normal itu sendiri berlangsung selama 24 sampai 38 hari.

Tak dapat dipungkiri memang jika tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur dan normal. Namun banyak dari mereka yang menkonsumsi beberapa jenis bahan alami untuk melancarkan haid dan membuat haid menjadi lebih teratur.

Penyebab dari siklus haid yang tidak teratur sendiri memang bermacam – macam. Salah satunya adalah adanya perubahan kadar hormon estrogen dan juga progesterone yang dapat mengganggu siklus haid kamu.

Selain itu juga ada beberapa penyebab lain seperti stress, terlalu banyak olahraga, menggunakan alat kontrasepsi, mengalami kondisi kesehatan tertentu dan yang lainnya.

Cara Mengatasi Haid Tidak Teratur Secara Alami dengan Minuman Pelancar Haid

Lalu apa saja cara mengatasi haid tidak teratur dengan bahan alami? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Kayu Manis

Kayu manis sendiri merupakan salah satu jenis dari rempah alami yang bisa dijadikan minuman untuk melancarkan haid. Dari sebuah hasil penelitian, menunjukkan jika kayu manis ini bisa membantu untuk memperbaiki siklus menstruasi agar dapat lebih teratur.

Bagaimana cara membuatnya sebagai minuman? Sangat mudah, kamu cukup menyeduh kayu manis tersebut menggunakan air hangat, atau bisa juga dengan mencampurkan kayu manis pada teh hangat.

Selain dapat membantu untuk melancarkan siklus haid, minuman kayu manis ini juga dipercaya dapat membantu mengurangi nyeri haid dan menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi kondisi PCOS.

2. Kunyit

Bahan alami satu ini sudah terbukti dapa membantu untuk melancarkan haid, bahkan banyak wanita yang minum kunyit saat sedang haid. Hal tersebut karena kunyit ini mengandung senyawa yang disebut dengan kurkumin yang sangat berkhasiat dijadikan sebagai obat.

Kunyit ini juga mempunyai efek yang mirip seperti hormone estrogen, sehingga dapat membuat siklus haid menjadi lebih teratur.

Untuk cara melancarkan haid menggunakan kunyit ini sendiri adalah membuatnya sebagai minuman bersama sereh atau cukup diseduh. Kamu bisa minum kunyit tersebut dua kali sehari.

3. Jahe

Bahan alami ini juga dipercaya dapat membantu untuk membuat siklus haid menjadi lebih lancar. Bahkan juga dapat membantu untuk meringankan gejala PMS dan juga meredakan nyeri haid. Jadi tidak ada salahnya mencoba bukan?

Untuk caranya sendiri adalah dengan merebusnya menjadi wedang jahe atau bisa juga memasukkan jahe geprek ke dalam minuman teh ataupun kopi.

4. Nanas

Apakah kamu tahu jika nanas menjadi salah satu dari jenis buah – buahan yang mempunyai manfaat untuk meringankan nyeri haid, kemudian juga melancarkan siklus haid.

Kandungan bromelain yang terdapat dalam nanas ini diklaim dapat membantu untuk melunakkan dinding rahim, sehingga dapat melancarkan siklus haid tersebut.

Kamu nantinya bisa menjadikan nanas tersebut sebagai sebuah minuman pelancar haid dengan cara membuat jus. Meskipun demikian, memang masih perlu adanya penelitian lebih lanjut tentang keefektivitasan nanas sebagai sebuah minuman untuk melancarkan hadi dan sebagai salah satu cara mengatasi haid tidak teratur dengan bahan alami.

5. Biji Ketumbar

Siapa yang menyangka jika bumbu dapur satu ini dapat dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Biji ketumbar ini juga dapat dikatakan dapat menjadi salah satu obat yang cukup efektif.

Untuk caranya juga sangat mudah, dimana kamu cukup dengan merebus 1 sendok teh ketumbar dengan dua gelas air. Tunggu hingga airnya berkurang menjadi hanya tersisa satu gelas. Kamu bisa menggunakan saringan untuk dapat mengeluarkan biji dan juga menkonsumsi ramuan sebanyak tiga kali sehari, beberapa hari sebelum periode menstruasi tersebut.

Itulah beberapa ramuan atau cara mengatasi haid tidak teratur dengan bahan alami yang bisa kamu perhatikan dan mungkin saja dicoba untuk melancarkan haid dan mengurangi rasa nyeri saat haid.


BukaTutupKomentar