-->

Daftar Nutrisi Untuk Ibu Menyusui Agar Anak Cerdas, Wajib Dimasukkan Ke Menu Ibu Hamil

Selama masa menyusui, penting bagi ibu untuk memenuhi nutrisinya karena akan sangat berdampak juga bagi nutrisi si kecil. Mengingat di masa 6 bulan pertama, bayi hanya mengkonsumsi Air Susu Ibu (ASI). Karena itu penting bagi ibu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, terutama nutrisi untuk ibu menyusui agar anak cerdas.

Penting untuk diketahui biu, jika ASI menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi tumbuh kembang bayi dan juga kecerdasannya. 

Sebuah penelitian menunjukkan jika anak-anak yang diberikan ASI hingga lebih dari setahun didapatkan hasil nilai bahasa ketika usia 3 tahun serta tes IQ di usia 7 tahun lebih tinggi dibandingkan dengan anak-anak yang hanya diberikan ASI dalam waktu singkat. 

Daftar Nutrisi Untuk Ibu Menyusui Agar Anak Cerdas

Karena itulah sangat penting untuk ibu menyusui mendapatkan asupan nutrisi yang berkualitas dan juga tepat sehingga kuantitas dan kualitas ASI pun juga meningkat.Dan berikut ini ada beberapa daftar nutrisi untuk ibu menyusui agar anak cerdas yang dapat dikonsumsi sehari hari. 

1. Protein

Sangat penting bagi ibu menyusui untuk memenuhi kebutuhan protein selama masa menyusui. Protein sangat dibutuhkan oleh bayi untuk membantu pembentukan jaringan otak dan saraf. 

Dan menurut beberapa penelitian, kebutuhan protein yang tercukupi dari ASI memiliki peran yang cukup penting dalam proses perkembangan otak bayi yang mana sangat mendukung kecerdasan otak anak nantinya. 

Ada banyak makanan yang menjadi sumber protein baik bagi ibu hamil, seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, produk olahan susu, dan gandum utuh.

2. Zat Besi

Zat besi memiliki peranan yang cukup penting dalam membantu proses perkembangan otak si kecil. Karena itu sangat disarankan untuk ibu menyusui mencukupi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi. Seperti misalnya kacang-kacangan, daging, sayuran hijau, hingga gandum utuh.

Selain itu untuk membantu penyerapan zat besi agar maksimal, maka konsumsilah makanan yang kaya akan vitamin C seperti sayuran dan buah. Karena itulah jangan lupa memasukkan nutrisi untuk ibu menyusui agar anak cerdas ini dalam menu makanan sehari hari. 

3. Karbohidrat Kompleks

Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks, semisal gandum utuh, oat, sereal, dan beras merah juga sangat baik untuk dikonsumsi ibu selama masa kehamilan. Energi yang didapatkan dari karbohidrat kompleks dapat menghasilkan energi yang bertahan lebih lama jika dibandingkan dengan jenis karbohidrat lainnya. 

Dan bukan hanya itu saja, karbohidrat kompleks juga sangat membantu menyehatkan sistem pencernaan serta menjaga kadar gula darah ibu selama masa menyusui.

4. Kalsium

Nutrisi kalsium akan sangat dibutuhkan bagi bayi agar membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang si kecil. Susu dan berbagai produk olahan susu seperti yogurt dan keju serta sayuran hijau menjadi sumber kalsium yang baik bagi ibu menyusui. 

Selain itu makanan tinggi kalsium lainnya yang baik juga selama masa menyusui bisa didapatkan dari tempe, tahu, dan susu kedelai. Bahkan ibu menyusui pun juga direkomendasikan mengkonsumsi suplemen kalsium jika masih belum tercukupi. 

5. DHA

DHA atau Docosahexaenoic merupakan asam lemak omega-3 yang begitu penting bagi perkembangan otak dan retina mata. Bahkan banyak peneliti yang mempercayai jika DHA ini berperan penting untuk perkembangan otak bayi. 

Beberapa makanan yang mengandung asam lemak omega-3 dipercaya dapat meningkatkan kesehatan otak, mengurangi gejala ADHD dan asma, serta meningkatkan kualitas tidur. Karena itu penting bagi ibu menyusui untuk mengkonsumsi makanan dengan kandungan DHA. Setidaknya 12 ons ikan dengan kandungan merkuri rendah per minggu

6. Vitamin D

Bukan hanya kalsium, vitamin D pun juga sangat penting membantu pembentukan tulang. Vitamin D dipercaya dapat membantu tubuh menyerap kalsium. Makanan seperti salmon maupun produk susu lainnya dapat memenuhi kebutuhan vitamin D. 

Jika masih kekurangan asupan vitamin D, ibu bisa mengkonsumsi suplemen vitamin D namun pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. 

Kebutuhan nutrisi untuk ibu menyusui agar anak cerdas diatas sangat direkomendasikan untuk dimasukkan ke dalam menu makanan sehari hari. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk membahas makanan-makanan apa saja yang baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

BukaTutupKomentar