-->

6 Manfaat Buah Naga Untuk Menjaga Kesehatan Kamu!

manfaat buah naga untuk kesehatan

RUBURUG.com - Apa kamu tahu buah naga? Tak dapat dipungkiri jika hampir semua orang tahu akan buah satu ini. Dimana buah cantik yang kulitnya berwarna merah ini memberikan banyak sekali manfaat, terutama untuk kesehatan manusia. Apa saja manfaat buah naga?

Sebelum membahas apa saja manfaat dari buah naga tersebut, kamu perlu tahu akan buah naga itu sendiri dan apa saja kandungan nutrisi yang ada di dalamnya.

Buah naga ini mempunyai fisik yang terbilang unik, dilihat dari kulitnya, bentuk dari buah ini seperti naga hingga daging buahnya yang berwarna merah dan ada juga yang putih. Tekstur dagingnya sendiri seperti buah kiwi, kemudian juga ada biji hitam di dalamnya, tetapi rasa dari buah naga ini manis.

Buah yang tergolong dalam keluarga kaktus ini mempunyai kalori yang rendah dan memiliki banyak nutrisi. Mulai vitamin C, kemudian vitamin B, fosfor, serat, protein, kalsium dan yang tidak kalah penting adalah kandungan antioksidannya yang tinggi.

Berbagai Manfaat Buah Naga

Untuk dapat menikmati khasiat dari buah naga ini sendiri sangat mudah. Cukup dengan membuatnya sebagai jus ataupun dikonsumsi secara langsung. Lalu bagaimana dengan manfaat buah naga? Tentu saja ada banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh dari buah naga ini. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Sumber dari Antioksidan

Antioksidan merupakan sebuah senyawa yang membantu untuk melindungi sel – sel tubuh dari molekul yang tidak stabil atau sering kali disebut dengan radikal bebas. Dimana terkait dengan beberapa penyakit kronis dan juga penuaan.

Yang menjadi daya tariknya adalah, buah naga ini memiliki kandungan beberapa jenis antioksidan sekaligus. Seperti betalains, kemudian hydroxycinnamates dan juga flavonoid.

Betalains sendiri memiliki manfaat untuk mengurangi kolesterol jahat. Kemudian hydroxychinnamates ini memiliki sifat anti kanker dan flavonoid sangat berperan pada kesehatan otak.

2. Membantu Untuk Proses Detoksifikasi

Khasiat yang bisa didapatkan dari buah naga ini memang begitu ampuh untuk proses detoksifikasi. Dimana buah naga ini dapat dijadikan sebagai sumber antioksidan yang dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Dengan demikian, tentu saja proses pengeluaran dari racun dalam tubuh akan lebih lancar dan kesehatan tetap terjaga dengan baik.

3. Mencegah Diabetes

Kamu juga dapat mencegah penyakit diabetes dengan menkonsumsi buah naga ini. Tidak jauh – jauh, dimana kandungan antioksidannya dapat berfungsi untuk mencegah diabetes mellitus.

Antioksidan yang terkandung di dalamnya dapat membunuh sel – sel jahat yang berasal dari pola makan yang tidak teratur, kemudian juga pola hidup yang tidak sehat dan konsumsi kadar gula yang terlalu berlebihan.

4. Mencegah Penyakit Kanker

Secara umum, buah yang berwarna merah ini mempunyai kandungan lycopene di dalam dagingnya. Kandungan tersebut sudah terbukti dapat membantu untuk mengurangi resiko terkena kanker prostat.

Bahkan tak hanya terdapat kandungan lycopene saja, namun uga mengandung antioksidan hytoalbumin yang dapat mencegah pembentukan radikal bebas karsinogenik di dalam tubuh. Selain itu manfaat buah naga tersebut dapat membuang racun loga yang bisa memicu timbulnya penyakit kanker.

5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Kandungan lycopene yang terdapat dari buah naga ini tak hanya membantu mencegah timbulnya kanker, namun juga sebagai penurun tekanan darah yang tinggi serta membantu untuk mencegah serangan jantung.

Hal tersebut karena biji hitam yang ada dalam buah naga tersebut kaya akan nutrisi yang dapa mencegah gangguan di sistem kardiovaskular.

6. Mengatasi Masalah Pencernaan

Jika kamu merasa sulit buang air besar, tak perlu khawatir ataupun bingung, tidak hanya menkonsumsi papaya saja solusinya. Kamu bisa mencoba untuk menkonsumsi buah naga ini. Karena buah satu ini dapat menjadi solusi yang sangat efektif untuk kamu yang sedang sembelit.

Kandungan seratnya yang cukup tinggi di dalam buah naga dapat membantu untuk melancarkan pencernaan dan juga mengobati konstipasi atau yang sering disebut dengan sembelit. Dengan demikian, pencernaan kamu akan semakin lancar karena sudah bersih.

Kandungan protein yang terdapat di dalam buah naga akan membuat tubuh kamu lebih segar dan sehat.
Jadi bagaimana, sangat banyak bukan manfaat buah naga untuk kesehatan tubuh kamu? Jadi mulai sekarang tak perlu lagi bingung. Karena buah naga kaya akan manfaat untuk kesehatan kamu.


BukaTutupKomentar